August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Klaim Jalan Tol 1.900 Km Dibangun Di Bawah Kepresidenannya

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam pembukaan acara penandatanganan perjanjian Otoritas Investasi (INA) pada hari Kamis menyatakan bahwa selama tujuh tahun masa jabatannya sebagai Presiden, 1.900 kilometer jalan tol telah dibangun di seluruh negeri.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan jalan tol di bawah kepemimpinannya merupakan yang tercepat dibandingkan 40 tahun terakhir yang hanya mencapai 780 kilometer. Jokowi mengaku mampu memimpin pembangunan tol tersebut setelah menemukan solusi dari persoalan mendasar yang selama ini ada.

“Saya melihat masalahnya selalu di pembiayaan, bukan mencari alternatif pembiayaan,” kata Presiden dalam acara yang ditayangkan on-line pada 14 April lalu.

Presiden mengatakan, sebelum menjadi presiden, pembangunan jalan tol selalu bergantung pada dana APBN, dana dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga kemitraan dengan pihak swasta. Namun, dia menilai skema pembangunan ini tidak berjalan semestinya.

Sebagai solusinya, kata dia, pemerintah meluncurkan Funding Authority (INA) yang berperan sebagai lembaga yang mencari dan mempertemukan investor domestik dan internasional. “Ini skema pembiayaan alternatif yang sebelumnya tidak terpikirkan,” kata Presiden Jokowi.

Dia mengatakan INA baru saja menandatangani kesepakatan investasi senilai Rp39 triliun yang akan digunakan untuk mendanai proyek ambisius jalan tol Trans Sumatera sepanjang 2.900 kilometer.

“Saya antusias membayangkan jalan tol trans-Sumatera dari Lampung hingga Aceh berjarak 2.900 kilometer. Perhitungan kasarnya Rp90-110 miliar per kilometer. Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk itu? Pasti besar sekali,” kata Presiden Jokowi yang meyakini kepercayaan investor kepada INA akan sangat bergantung pada keberhasilan proyek ini.

Baca: Jokowi Targetkan Perbaiki Konektivitas Tol, Pangkas Biaya Logistik

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Kepercayaan Publik di DPR Menurun setelah Legislator Kepergok Nonton Porno di Rapat
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.