August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Lili Pintauli Berpotensi Melanggar Etika KPK Karena Diduga Menerima Gratifikasi

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaAnggota Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan dugaan gratifikasi tiket dan fasilitas MotoGP Mandalika diterima Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lili Pintauli Siregar bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kode etik.

“Ini harus menjadi pelanggaran kode etik. Kita hanya perlu mempelajari mekanisme pemecatan itu bersama-sama. Apakah Dewan Pengawas berwenang memberhentikan komisioner KPK? Atau pemerintah? Atau Lili harus mengundurkan diri? Kita harus lihat dengan jelas,” kata Desmond saat dihubungi, Kamis, 14 April 2019.

Dijelaskannya, jika Lili terbukti menerima gratifikasi, maka citra badan antikorupsi nasional di bawah pimpinan Firli Bahuri akan semakin tercoreng. Untuk itu, dia berharap KPK menindak tegas petingginya jika terbukti bersalah dan segera melakukan perbaikan.

“Banyak yang masih berharap KPK melakukan mekanisme pemicu dalam pemberantasan korupsi. Semua kekurangan harus dikoreksi setelah gejolak ini agar tujuan pembentukan KPK berada pada jalurnya,” kata politisi Gerindra itu.

Kasus dugaan gratifikasi pertama kali diungkap oleh Masyarakat Antikorupsi Indonesia atau MAKI. Koordinator MAKI Boyamin Saiman mendesak Lili Pintauli mundur dari jabatannya karena hanya membebani kinerja KPK.

Boyamin mengatakan, Dewan Pengawas KPK sedang menyelidiki dugaan pelanggaran etika terhadap Lili yang diduga mendapat fasilitas VIP untuk menonton MotoGP Mandalika yang diberikan Pertamina.

“Demi KPK, seharusnya LPS (Lili) mengundurkan diri,” kata Boyamin dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 April.

Sebelum kasus saat ini, Lili Pintauli masih dalam pemeriksaan KPK karena diduga berbohong pada konferensi pers resmi di mana dia membantah berkomunikasi dengan Walikota Tanjung Balai yang merupakan tersangka dalam kasus suap yang sedang diselidiki oleh KPK.

Membaca: Novel Baswedan Laporkan Lili Pintauli ke Dewan Pengawas KPK

See also  DPR: Audit Transparan Terhadap Perusahaan Sawit Bisa Turunkan Harga Minyak Goreng

M JULNIS FIRMANSYAH

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.