August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Covid-19 Sub-varian XE, XD, XF Belum Terdeteksi di Indonesia: Pemerintah

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa subvarian baru Covid-19 yang dikenal sebagai XE, XD dan XF telah terdeteksi secara international. Sub-varian ini adalah dari varian Omicron.

“Hingga saat ini subvarian XE, XD, atau XF belum ditemukan di Indonesia,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan tertulis, Jumat, 15 April 2020.

Siti menjelaskan, XE merupakan kombinasi dari subvarian genetik BA.1 dan BA.2. Sub-varian ini pertama kali terdeteksi dari spesimen pada 19 Januari di Inggris. “Sudah 763 kasus XE ditemukan di sana,” katanya.

XE dilaporkan lebih transmisif daripada sub-varian BA.2. Namun, tidak ada cukup bukti epidemiologis untuk menunjukkan perubahan dalam masyarakat.

Sedangkan subvarian XD dan XF merupakan kombinasi dari varian Delta AY.4 dan Omicron BA.1. Kasus XF telah ditemukan di Inggris tetapi dalam jumlah kecil.

Siti mengatakan, hingga saat ini, tidak ada perbedaan gejala khusus yang signifikan dari ketiganya. Namun, semua orang diminta untuk tetap waspada karena transmisi dilaporkan lebih cepat daripada varian Omicron.

Baca: Jokowi Klaim Ekonomi Naik Saat Angka Covid-19 Turun

Fajar Pebrianto

See also  Indonesia Siap Transisi Endemis COVID-19: Menkes
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.