August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

APBN Jadi Tulang Punggung Pembangunan Ibu Kota Baru: Pengamat

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPengamat infrastruktur dari The Housing and City Growth (The HUD) Institute Yayat Supriatna menilai APBN akan menjadi tulang punggung utama Nusantara. ibu Kota (IKN) pembiayaan pembangunan pada tahun 2024.

“APBN itu tulang punggung utama IKN 2024,” kata Yayat Antara pada hari Minggu.

Saat ini, untuk percepatan pengembangan IKN hingga 2024, fokus utamanya adalah dana APBN, dan sebagian besar pekerjaan seperti pembangunan jalan dan utilitas air akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, menurut dia.

Kekuatan APBN menjadi cikal bakal IKN untuk menarik perhatian dan minat investor baik domestik maupun asing, ujarnya.

“Dengan standar infrastruktur yang berkualitas dan pelayanan yang baik, investor akan tertarik untuk berinvestasi di IKN,” tambahnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru-baru ini mengatakan pemerintah telah mencadangkan anggaran Rp27-30 triliun dalam APBN 2023 untuk pengembangan ibu kota baru yang akan dikembangkan di Kalimantan Timur.

“Kita juga sudah mencadangkan sekitar Rp27-30 triliun dalam APBN tahun depan untuk belanja pembangunan infrastruktur dasar pembangunan ibu kota negara baru,” kata Sri Mulyani.

Alokasi APBN 2023 akan digunakan untuk membangun kantor Kementerian Perhubungan yang berperan dalam menciptakan simpul konektivitas di IKN Nusantara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan pemerintah memperkirakan complete kebutuhan anggaran untuk proyek pengembangan IKN Nusantara sekitar Rp466 triliun.

Dari complete biaya tersebut, hanya 20 persen yang akan bersumber dari APBN, sedangkan 80 persen sisanya akan ditempuh melalui skema Kerjasama Pemerintah Swasta (KPBU) dan swasta.

Untuk itu, Presiden meminta Otorita IKN Nusantara yang diketuai Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe bekerja secara gesit dan fleksibel untuk mendapatkan sumber dana bagi pembangunan. ibu kota baru.

See also  Tidak Sahur di Jalan selama Ramadhan; Polda Metro Jaya 13 Lokasi

Membaca: Kalteng Siapkan SDM untuk IKN Ibu Kota Baru

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.