August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Kepulauan Yapen, Papua

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Magnitudo-5.8 gempa bumi guncang timur laut Kepulauan Yapen, Papua, pada Minggu pukul 12:49 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Pusat gempa berada di 1,24 derajat Lintang Selatan dan 137,04 derajat Bujur Timur, pada kedalaman 10 km, dan sekitar 111 km timur laut Kepulauan Yapen, kata Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Guncangan tersebut tidak berpotensi memicu tsunami susulan, dan dirasakan pada II dan III MMI (Modified Mercalli Depth) di Biak, dan III MMI di Serui, Papua.

Berdasarkan skala MMI, II MMI artinya gempa hanya dirasakan oleh sebagian kecil orang yang diam, terutama pada lantai atas gedung. Benda yang digantung dengan halus dapat berayun.

III MMI artinya gempa dirasakan cukup terasa oleh orang-orang di dalam ruangan, terutama di lantai atas gedung: Banyak orang tidak mengenalinya sebagai gempa. Mobil berdiri mungkin sedikit bergoyang. Getaran mirip dengan lewatnya truk, dengan perkiraan durasi.

Badan Meteorologi mengingatkan warga Kepulauan Yapen untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, yang juga disebut sebagai Sabuk Lingkar Pasifik, sebuah jalur di sepanjang Samudra Pasifik yang dicirikan oleh gunung berapi aktif dan sering gempa bumi.

Membaca: Gempa 4,6 SR Guncang Bali

ANTARA

See also  Majelis Rakyat Papua Setor 12 Keputusan ke Tito: Dilarang Jual Beli Tanah Ulayat
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.