August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Mengatakan Ini Memberikan Perlindungan Kekayaan Intelektual untuk Produk UMKM

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKemenkum HAM Kalsel telah berkomitmen untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual bagi produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi.

“Kami selalu memfasilitasi perlindungan kekayaan intelektual atas produk-produk tersebut,” kata Kepala Sub Bidang Layanan Kekayaan Intelektual kantor tersebut Eka Shanty Maulina, Minggu.

Dikatakannya, banyak produk UMKM di Kalsel yang digemari masyarakat dari provinsi lain antara lain jajanan, kain sasirangan, dan berbagai aksesoris seperti gelang dan kalung yang terbuat dari batu permata.

Menurutnya, pelaku UMKM memiliki peran strategis untuk menarik pengunjung dan memberikan nilai tambah bagi Kalsel.

Untuk itu, melalui Sub Bidang Jasa Kekayaan Intelektual, kementerian terus berupaya agar produk-produk lokal dapat didaftarkan dan dilindungi undang-undang sebagai hak eksklusif yang diberikan oleh negara untuk produk-produk yang bernilai ekonomis.

Maulina menambahkan, sistem auto-approval diterapkan untuk setiap aplikasi kekayaan intelektual yang dibuat secara on-line sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dia menjelaskan bahwa dengan sistem yang diterapkan, aplikasi akan disetujui pada hari mereka diajukan.

Kementerian Hukum dan HAM juga bersinergi dengan Pusat Standardisasi dan Layanan Industri Kementerian Perindustrian terkait registrasi produk bagi pelaku usaha binaan Pusat Standardisasi dan Layanan Industri untuk didaftarkan sebagai produk kekayaan intelektual.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly mengajak seluruh pemerintah daerah untuk mendorong masyarakatnya agar lebih sadar akan kekayaan intelektual.

Contoh kekayaan intelektual meliputi hak cipta rekaman, hak merek, dan indikasi geografi, kata Laoly.

Ekosistem kekayaan intelektual, sebagai siklus ekonomi yang didorong oleh inovasi dan kreativitas, tidak hanya meningkatkan perekonomian pemiliknya tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan dan pembangunan nasional. ekonomijelas menteri.

See also  BI Menyambut Hasil Discussion board Ekonomi Jawa Timur 2022 Diimplementasikan di Lapangan

Membaca: Jokowi Janji Gunakan 40 Persen Pengeluaran Pemerintah untuk Produk UMKM

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.