August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

TransJakarta Akan Buka Akademi Pelatihan Pengemudi Bus Berbasis Uji Coba

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPenyedia layanan transportasi milik daerah PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan menjalankan sekolah percontohan yang disebut TransJakarta Akademi Bus tahun 2022 dengan jumlah peserta 30 orang setelah selesainya Standar Kompetensi Kerja (SKK) khusus.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Perusahaan TransJakarta Welfizon Yuza mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan SKK khusus dan mengembangkan silabus pembelajaran berdasarkan kebutuhan pengemudi.

“Pada tahap awal diperkirakan ada 30 pembalap yang akan belajar berdasarkan modul baru tersebut, sesuai dengan SKK khusus yang telah kami susun,” tegasnya di Jakarta, Sabtu.

Akademi Bus TransJakarta akan menjadi sekolah khusus bagi pengemudi yang sudah bekerja atau akan direkrut oleh perusahaan untuk meningkatkan kompetensi dan sikapnya.

Selain memberikan pendidikan dasar yang komprehensif kepada pengemudi, peluncuran sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penumpang.

Dirut mengatakan, seluruh pengemudi yang dipekerjakan TransJakarta telah mendapatkan sertifikasi, sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Namun, kompetensi yang diperoleh dari SKKNI tersebut tidak cukup untuk menunjang pekerjaan para pengemudi karena dituntut untuk mengoperasikan berbagai jenis kendaraan.

Oleh karena itu, TransJakarta telah mengembangkan modul yang dilengkapi dengan kompetensi khusus, menurut SKK Khusus, untuk pengemudi di Akademi Bus TransJakarta.

“SKK khusus diperlukan karena kami memiliki berbagai macam unit, seperti single bus dan maxi bus untuk layanan TransJakarta, serta van untuk layanan microTrans. Menurut SKK khusus, kompetensi pengemudi untuk Bus Fast Transit akan berbeda ( BRT), feeder bus, dan layanan microTrans,” kata Yuza.

Perseroan berencana membuka akademi tersebut pada awal semester II 2022.

Setelah implementasi percontohan sekolah, perusahaan akan mempersiapkan: TransJakarta Bus Academy sebagai anak perusahaan melalui mekanisme spin-off pada tahun 2023.

See also  Jakarta Selatan Bakal Gelar Pageant City di Blok M, Terinspirasi Movie Ali Topan hingga Galih dan Ratna

Membaca: Transjakarta Akan Menutup Sementara 11 Halte

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.