August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Calon Presiden Hadapi Masalah Utang Negara, Kata Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Mantan wakil presiden Indonesia Jusuf Kalla pada hari Minggu, 17 April, mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh setiap calon presiden untuk pemilihan presiden 2024. Menurut Wapres di bawah dua periode kepresidenan sebelumnya, mereka yang akan menggantikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo saat ini harus mampu melunasi utang pemerintah yang berjumlah triliunan rupiah.

“Saya sampaikan presiden yang akan datang harus memiliki kemampuan dan ketangguhan yang besar untuk menghadapi tantangan ke depan, salah satunya dari aspek ekonomi karena saat ini belum dalam kondisi yang baik,” ujar mantan VP di rumahnya, Bisnis.com melaporkan pada 17 April.

Kalla, yang memimpin Dewan Masjid Indonesia (DMI), mengatakan utang pemerintah meningkat selama pandemi Covid-19 setelah Kementerian Keuangan melaporkan utang negara di stage Rp7.014,58 triliun hingga akhir Februari 2022. Utang pemerintah terhadap PDB rasionya mencapai 40,17 persen.

Utang meningkat secara eksponensial dalam satu bulan per 31 Januari tercatat Rp6.919,15 triliun namun tumbuh Rp95,43 triliun hanya dalam waktu satu bulan.

Berdasarkan laporan APBN KiTa Maret 2022, complete peningkatan utang sejalan dengan penerbitan SBN dan penarikan pinjaman pada Februari 2022.

“Utang terus naik. Suku bunganya sendiri rata-rata 6 persen karena kewajiban atau 7-8 persen yang artinya bunganya sendiri Rp400 triliun,” kata Jusuf Kalla“Pemimpin selanjutnya harus bisa menyelesaikan semua itu.”

Membaca: Penundaan Pemilu 2024 Bisa Picu Konflik, Kata Mantan Wakil Presiden

bisnis

See also  Mahasiswa Unjuk Rasa Jika Jokowi Diam Soal Penundaan Pemilu; Istana Bereaksi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.