August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Dubes Rusia Tegaskan Kehadiran Putin di KTT G20 Bali

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam wawancara dengan Tempo pada hari Jumat, 15 April, menegaskan bahwa Presiden Vladimir putin akan hadir dalam KTT G20 Bali 2022 di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik menyusul agresi militer Rusia ke Ukraina.

Di tengah penolakan keras dari masyarakat internasional, Vorobieva menegaskan bahwa Putin telah mengkonfirmasi niatnya untuk tiba di KTT dan mengklaim bahwa Putin “secara positif menanggapi undangan dari Presiden Joko Widodo,” kata duta besar.

Dia juga mengakui sikap Indonesia dalam masalah yang dia yakini belum mengikuti tekanan dari negara-negara Barat.

Komite G20 sejauh ini telah mengundang seluruh anggotanya dengan preseden prosedural, yang menjadi dasar keputusan Indonesia untuk mengundang presiden Rusia.

Vorobieva menilai panel G20 harus tetap berpegang pada isu-isu ekonomi utama seperti pemulihan pascapandemi, penguatan layanan kesehatan world, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi ekonomi digital.

Namun, dia mempertanyakan saran para pemimpin Barat untuk mengundang Ukraina ke KTT G20 dan berpendapat bahwa kehadiran Ukraina di KTT Bali mendatang tidak akan membantu menyelesaikan masalah ekonomi.

Dalam konferensi pers pada 24 Maret, Duta Besar dan Staf Khusus Program Prioritas Kemlu RI dan Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani, mengatakan bahwa surat undangan KTT Bali telah dikirim ke Rusia pada 22 Februari 2022. Undangan tersebut juga berlaku untuk semua pertemuan G20.

Reuters melaporkan pada 31 Maret, bahwa Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan Rusia tidak dapat menjadi mitra konstruktif di G20, sebuah kelompok yang terdiri dari sebagian besar ekonomi terbesar dunia, karena invasinya ke Ukraina.

“Intinya adalah: Tidak mungkin bisnis seperti biasa memiliki (Presiden Rusia) Vladimir Putin hanya duduk di sekitar meja berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja,” kata Trudeau.

See also  Biden Berharap Lebih Banyak Minyak, Integrasi Israel di KTT Arab di Saudi

Juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (14/4), mengatakan Indonesia mendengarkan dan akan berkonsultasi dengan semua pendapat negara anggota G20 terkait situasi tersebut, termasuk mengundang Ukraina ke Bali Summit. .

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan bertolak ke negara-negara Eropa antara lain Inggris, Prancis, Belanda, dan Turki pada 19 April mendatang, dengan salah satu agendanya adalah dialog tentang krisis Ukraina dan G20.

Membaca: Indonesia Konfirmasi Undang Rusia ke G20

DANIEL AHMAD

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.