August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sulawesi Tengah Diguncang Gempa M 5.2 Senin

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin dini hari pukul 03:37 Waktu Indonesia Barat (WIB) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 sempat mengguncang Kota Luwuk di Sulawesi Tengah.

Badan tersebut mengatakan pusat gempa berasal dari 54 kilometer Barat Daya Bolaang Mongondow Selatan dan hiposenternya, atau diukur pada kedalaman 128 kilometer. Intensitas gempa diukur pada skala III skala MMI.

Sebelumnya gempa berkekuatan 4,5 SR melanda wilayah tersebut pada 10 April pukul 03:00 WIB dengan pusat gempa di 61 kilometer Barat Daya Bolaang Uki, Mongondow Selatan Bolaang.

Pada hari Minggu, BMKG mencatat empat rangkaian gempa lainnya yang mengguncang Serui dan Biak di Papua, dan Liwa di Lampung, dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat.

Menurut agensi, gempa bumi Gempa yang melanda Biak dan sekitarnya berawal dari gempa bumi berkekuatan 8,2 SR yang juga mengakibatkan tsunami yang meluluhlantahkan daerah itu pada 17 Februari 1996. Untungnya, gempa yang terjadi baru-baru ini tidak memicu tanda-tanda tsunami.

Membaca: Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Kepulauan Yapen, Papua

ZACHARIAS WURAGIL

See also  Gempa 5,1 Magnitudo Mengguncang Lampung; Tidak Ada Peringatan Tsunami
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.