August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kementerian Penanaman Modal Gandeng Perusahaan Dompet Digital untuk Majukan UMKM

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKementerian Penanaman Modal bekerja sama dengan perusahaan dompet digital DANA untuk bersama-sama memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya dalam mengakses keuangan inklusif dan mencapai legalitas.

“Harapan dari penandatanganan perjanjian ini adalah dukungan dapat dilaksanakan dengan baik, terutama dalam rangka mendukung perizinan berusaha berbasis risiko, sebagaimana diamanatkan undang-undang bagi pelaku UMKM,” kata Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal Kementerian, Riyatno, pada acara digital pada hari Senin.

Dalam nota kesepahaman tersebut, Kementerian Investasi akan bekerja sama dengan perusahaan dompet digital DANA untuk merealisasikan empat pengembangan bagi pelaku UMKM.

Pertama, sosialisasi kepada pelaku UMKM tentang pengajuan izin usaha. Selanjutnya adalah kemudahan perizinan usaha bagi pelaku UMKM oleh Kementerian Penanaman Modal.

Ketiga, pendampingan bagi pelaku UMKM berupa dukungan mengatasi hambatan berusaha.

Terakhir adalah pelatihan bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya, terutama dalam hal mengasah keterampilan digital untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing di industri.

Menurut Riyatno, upaya tersebut akan membantu UMKM Indonesia untuk naik stage dan memasuki ekosistem digital yang sedang dikembangkan pemerintah saat ini.

Dikatakannya, peningkatan standar UMKM menjadi lebih baik dan optimum akan membantu menyerap lebih banyak tenaga kerja, yang akibatnya akan berdampak positif tidak hanya bagi perekonomian lokal tetapi juga perekonomian nasional.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki 64,2 juta UMKM yang menyerap sekitar 120 juta tenaga kerja dan telah membantu perekonomian negara tetap stabil di tengah pandemi COVID-19.

Untuk itu, UMKM menjadi prioritas untuk dikembangkan dan difasilitasi agar dapat meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia.

“Harapannya adalah dengan membantu UMKM dalam memperoleh berbagai fasilitas, mengembangkan talenta lokal, memberikan lapangan kerja, kerjasama ini dapat mendorong perekonomian nasional Indonesia menjadi lebih baik,” kata Riyatno.

See also  Unika Atma Jaya Galang Beasiswa untuk Mahasiswa dengan Lomba Lari

Membaca: Pemerintah Mengatakan Ini Memberikan Perlindungan Kekayaan Intelektual untuk Produk UMKM

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.