August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Gelar Rapat Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Mei

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKementerian Agama menyelenggarakan isbat Rapat penetapan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah dalam kalender Islam, pada Minggu malam, 1 Mei, di kantor Kementerian Agama.

“Pada tanggal 29 Ramadhan 1443 H, puncak hilal (bulan baru) di wilayah Indonesia berada di atas ufuk dan di atas 3 derajat, sebagaimana diatur dalam kriteria baru MABIMS (Kementerian Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura),” kata pejabat kementerian itu Kamaruddin Amin seperti dikutip dari NU web site, pada Senin, 18 April.

Sidang isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan perhitungan astronomis (hisab) dan laporan lapangan melalui pengamatan hilal (rukyatul hilal) untuk mengkonfirmasi hisab metode.

Dia menjelaskan bahwa melalui hisab metode, semua sistem setuju bahwa ijtima jelang Syawal akan jatuh pada Minggu, 1 Mei, atau pada 29 Ramadhan 1443 H. “Kementerian Agama akan menggelar rukyatul hilal di 99 titik di seluruh Indonesia,” kata Kamaruddin.

Observasi hilal akan dilaksanakan oleh kantor kementerian agama kabupaten/kota/kabupaten, bersama ormas Islam dan lembaga lainnya.

Pertemuan tersebut akan dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Informasi Geospasial (BIG) .

Turut hadir Bosscha dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, astronom dari ormas Islam, instansi dan lembaga terkait, anggota tim penyatuan kalender Hijriah Kemenag, serta pimpinan ormas Islam dan organisasi keislaman. pondok pesantren (pesantren).

“Rapat akan dilakukan secara on-line dan offline melalui Zoom assembly,” jelas Kamaruddin.

Dikatakannya, hasil pertemuan tersebut akan disiarkan di TVRI sebagai TV Pool dan RRI. “Hasil dari isbat Rapat juga akan disiarkan secara stay di media sosial Kementerian Agama,” ujarnya.

See also  Ganjar Pastikan Ada Evaluasi Insiden Kebakaran RSJD Surakarta

Baca: Tim Musyawarah Isbat Sebut Ramadhan Dimulai Sabtu, 27 Mei

MUTIA YUANTISYA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.