August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sandiaga Uno: 59 Juta Pemudik Kunjungi Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperkirakan 60 hingga 70 persen pemudik akan berkunjung ke tempat wisata pada saat libur Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran.

Seperti diberitakan dalam survei terbaru yang dilakukan oleh badan penelitian dan pengembangan Kementerian Perhubungan, jumlah orang yang akan kembali ke kampung halaman untuk perayaan Idul Fitri akan mencapai 85 juta.

“Kami memperkirakan 51-59,5 juta orang akan mengunjungi lokasi wisata di daerah. Pemudik terbanyak tahun ini masih akan terkonsentrasi di enam wilayah Jawa, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Yogyakarta,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa, 19 April.

Ia berharap pemudik bisa tersebar merata, terutama di desa-desa wisata. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berbondong-bondong ke lokasi wisata tertentu dan menimbulkan keramaian di satu lokasi.

Penyebaran wisatawan yang merata diharapkan sejalan dengan persyaratan perjalanan yang santai. Saat ini, pemerintah mengizinkan masyarakat yang telah menerima vaksin booster atau vaksin Covid dosis ketiga untuk melakukan perjalanan jauh tanpa menunjukkan hasil negatif tes antigen atau RT-PCR.

“Selain itu, keberadaan jalan tol akan memudahkan pemudik dari Jawa untuk mengunjungi destinasi di Sumatera serta Bali dan NTB,” kata Sandiaga.

Wisatawan juga didorong untuk membelanjakan uangnya untuk produk dan layanan yang ditawarkan oleh daerah. Dengan demikian, peredaran uang pada saat libur Lebaran dapat memberikan kontribusi positif bagi pemulihan ekonomi di kabupaten atau kota.

Sandiaga Uno juga memprediksi peredaran uang di sektor pariwisata saat mudik Lebaran mencapai Rp72 triliun.

Baca: Sandiaga Uno Incar Perluas Akses Turis ke Bali

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  BMKG: Banjir Rob Masih Mengintai Hari Ini

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.