August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

KPK Minta Pejabat Negara, Pegawai Negeri Sipil Tolak Gratifikasi Jelang Lebaran

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghimbau kepada seluruh penyelenggara negara dan pegawai negeri sipil (ASN) untuk menolak gratifikasi dalam bentuk apapun menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

“Menjelang libur Lebaran, KPK mengimbau kepada kementerian/lembaga/pemerintah daerah dan BUMN/BUMN untuk mengeluarkan imbauan inner kepada pegawai negeri sipil di tempat kerjanya untuk menolak gratifikasi,” kata Pj Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya, Rabu. 20 April.

Gratifikasi tersebut, jelasnya, dapat berupa uang, hadiah atau parsel, fasilitas, atau bentuk hadiah lainnya yang berkaitan dengan jabatan pekerjaan.

“Jika karena kondisi tertentu pegawai negeri atau penyelenggara negara tidak dapat menolak gratifikasi, maka wajib melaporkannya kepada KPK selambat-lambatnya 30 hari kerja setelah menerima gratifikasi,” tegas Ipi.

Adapun gratifikasi berupa paket sembako yang mudah rusak dan kadaluarsa, lanjutnya, dapat disalurkan sebagai bantuan sosial kepada panti asuhan, panti jompo, dan pihak yang membutuhkan. Penerima juga harus melaporkannya ke instansi masing-masing beserta dokumentasi pengirimannya. Kemudian, lembaga tersebut harus menyerahkan laporan tersebut ke lembaga antikorupsi.

“Informasi mengenai mekanisme dan formulir pelaporan penerimaan gratifikasi dapat diakses melalui https://gratifikasi.kpk.go.id atau menghubungi hotline layanan informasi publik KPK di 198,” urainya.

Ipi juga menegaskan penyelenggara negara dilarang meminta dana, sumbangan, dan hadiah sebagai bentuk tunjangan hari raya (THR) kepada masyarakat, perusahaan, atau lembaga negara lainnya, baik secara lisan maupun tertulis karena dapat mengimplikasikan tindak pidana korupsi.

Tambahan, KPK juga mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh pimpinan kementerian/lembaga/pemerintah daerah dan BUMN/BUMN untuk melarang penggunaan fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi selama Idul Fitri guna menjaga keutuhan dan menghindari potensi benturan kepentingan.

Membaca: ICW Beri Nilai D Penegak Hukum untuk Pemberantasan Korupsi

See also  Gugus Tugas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Ikuti Protokol Kesehatan Selama Ramadhan

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.