August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Rencana Pembangunan Ibu Kota Baru 2023 Sudah Siap: Bappenas

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah telah menyiapkan rencana pembangunan ibu kota baru atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2023.

Rencana pengembangan sedang difinalisasi oleh Otoritas IKN dan kementerian dan lembaga terkait.

“Alokasi anggaran untuk pengembangan IKN tahun 2023 sudah siap,” kata Suharso dalam rapat tentang pembangunan pusat 2022 yang digelar secara digital, Kamis, 21 April.

Namun, dia enggan merinci besaran anggarannya. Terkait rencana pembangunan, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PKB) itu menjelaskan, pemerintah akan fokus membangun jalan utama, antara lain jalan tol, jalan lingkar luar, jalan akses, jalan kabupaten, dan jalan angkutan logistik.

Pemerintah juga akan membangun infrastruktur dasar permukiman, sumber daya air dan pengendalian banjir, serta infrastruktur pertahanan.

Secara paralel, pemerintah akan membangun rumah ibadah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas masyarakat, dan aset lingkungan seperti balai adat dan pusat budaya.

Pada tahap awal pembangunan, Suharso mengatakan pemerintah akan melakukan konservasi dan restorasi hutan. Proyek pembangunan ibu kota baru direncanakan akan dimulai pada 2023, sedangkan pemindahan ibu kota tahap pertama ditargetkan dimulai pada 2024 hingga 2045.

Baca: Pemerintah Alokasikan Rp264 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Ibu Kota Baru

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  KKP Siap Implementasikan Penangkapan Ikan Terukur Mulai Agustus
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.