August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng dan Bahan Baku Mulai Minggu Depan

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPresiden Joko “Jokowi” Widodo secara resmi melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya mulai Kamis, 28 April hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Presiden datang dengan keputusan dan mengumumkannya setelah memimpin pertemuan tentang kebutuhan rakyat.

“Saya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini agar ketersediaan minyak goreng di dalam negeri melimpah dan dengan harga yang terjangkau,” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan secara on-line, Jumat, 22 April.

Sebelumnya, dia berargumen bahwa melonjaknya harga minyak goreng di Indonesia disebabkan oleh kenaikan harga komoditas tersebut di pasar international. Dengan demikian, produsen dalam negeri terpaksa ekspor.

Namun, pemerintah tetap berupaya menekan harga dengan menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT kepada masyarakat dan memberikan subsidi kepada produsen minyak goreng curah dalam rangka penerapan kebijakan harga eceran tertinggi.

“Kami telah meninjau bahwa subsidi untuk produsen yang telah berjalan selama beberapa minggu belum efektif. Di pasar, saya melihat banyak minyak goreng curah yang harganya tidak sesuai dengan HET yang telah ditentukan. Artinya memang ada kecurangan,” kata kepala negara.

Jokowi lebih lanjut mendukung upaya Kejaksaan Agung (Kejagung) dan memerintahkan mereka untuk terus mengusut kasus mafia minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan dan melonjaknya harga komoditas tersebut di pasar domestik.

Baca: Partai Buruh Tuntut Mendag Mundur Soal Kegagalan Minyak Goreng

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Jokowi Kembali Masuk Daftar Tokoh Berpengaruh Versi The Muslim 500
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.