August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kejagung Bicarakan Hukuman Mati dalam Kasus Mafia Minyak Goreng

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKejaksaan Agung (Kejagung) mendakwa tersangka kasus mafia minyak goreng dengan Pasal 2 dan 3 UU Tipikor, memungkinkan untuk menjatuhkan hukuman mati.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Febriansyah menjelaskan, penyidik ​​belum bisa menjelaskan apakah akan mendakwa dan mendakwa tersangka dengan pidana mati karena akan berkaitan dengan penanganan kasus pidana khusus di Kejaksaan Agung.

Dikatakannya, kejaksaan berencana menangani kasus korupsi dengan mengadopsi konsep baru.

“Salah satu kebijakannya adalah memberikan hukuman berat kepada pelaku dengan kriteria tertentu, antara lain [committing the crime] saat negara dalam keadaan sulit,” kata Febri saat konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat, 22 April.

Ia menambahkan, jika kejahatan tersebut berdampak pada masyarakat luas dan merugikan pembangunan bangsa, akan diambil tindakan tegas. “Ini konsentrasi kita, pasti akan kita tindak tegas,” tegas Febri.

Kejagung menetapkan empat tersangka dalam kasus suap minyak goreng. Mereka adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana; komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia Grasp Parulian Tumanggor; manajer senior urusan perusahaan PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group Stanley MA; dan manajer umum PT Musim Mas Picare Tagore Sitanggang.

Keempat tersangka yang langsung ditahan itu diduga berkolusi dalam pemberian izin ekspor. Seharusnya izin tersebut tidak dikeluarkan karena eksportir tidak memenuhi persyaratan terkait harga jual di dalam negeri. Mereka juga gagal memenuhi Home Market Obligation (DMO) sebesar 20 persen dari complete ekspor.

Akibat kegagalan minyak goreng ini, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi didesak untuk turun dari jabatannya.

Baca: Kelangkaan Minyak Goreng; Kelompok Sipil Mengajukan Panggilan untuk Presiden, 3 Menteri

Depkes. KHORY ALFARIZI

See also  Dito Mahendra Mengaku Rugi Materi dan Reputasi Karena Ulah Nikita Mirzani
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.