August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Koalisi Sipil Jakarta Desak Anies Baswedan Penuhi Sumpah di Pantai Bebas

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKoalisi Perjuangan Rakyat Jakarta (KOPAJA) menuntut Gubernur Jakarta Anies Baswedan memenuhi janjinya untuk memberikan akses free of charge bagi warga ke pantai-pantai di sepanjang garis pantai kota.

“Masyarakat Jakarta belum bisa mengakses pantai bersih free of charge sepanjang 32 kilometer garis pantai,” kata anggota KOPAJA dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 22 April.

Selain itu, Jeanny menyoroti konflik agraria yang masih berlangsung dan belum terselesaikan hingga saat ini. Konflik tersebut berupa perampasan ruang pemukiman dan privatisasi pulau. Intimidasi dan kriminalisasi seperti yang dialami warga Pulau Pari Kepulauan Seribu juga terjadi.

Ada juga proyek tanggul laut yang dianggap mengancam sumber pendapatan nelayan tradisional.

“Pemprov kurang berupaya membenahi monopoli penguasaan perusahaan di pulau-pulau kecil yang menghilangkan daerah penangkapan ikan,” kata Jeanny.

Ia juga menyebutkan bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) kurang melibatkan partisipasi masyarakat dan menghilangkan wilayah-wilayah yang menjadi mata pencaharian nelayan tradisional.

Jeanny berpendapat RUU tersebut sebenarnya menghidupkan kembali proyek reklamasi yang terintegrasi dengan program Nationwide Capital Built-in Coastal Growth (NCICD).

Baca: Koalisi DKI Minta Anies Baswedan Perbaiki 9 Masalah Kota

LANI DIANA WIJAYA

See also  Manfaat Produk Skincare di Dalam Kulkas
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.