August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

YKMI Desak Jokowi Sediakan Vaksin Halal COVID-19, Cabut Kebijakan Mudik

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaYayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencabut surat edaran yang menyebutkan bahwa vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu syarat mudik atau Lebaran tahunan. mudik perjalanan.

Pasalnya, pemerintah belum melaksanakan putusan Mahkamah Agung Nomor 31 P/HUM/2022 tentang pengujian Pasal 2 Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Peluncuran Vaksinasi.

“Mahkamah Agung telah mengabulkan uji materi YKMI. Kami mendesak pemerintah untuk menyediakan vaksin halal dan mencabut surat edaran mudik hingga vaksin halal tersedia bagi masyarakat muslim,” kata Sekretaris Eksekutif YKMI Fats Haryanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 22 April.

Mahkamah Agung mengabulkan uji materi Perpres tersebut pada 14 April lalu. Putusan tersebut dipublikasikan di situs internet Mahkamah Agung, Kamis pekan lalu.

Dalam putusannya, Mahkamah Agung menyatakan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan dan jaminan kehalalan vaksin COVID-19 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Jaminan Produk Halal.

Fats mengatakan putusan MA bersifat ultimate dan mengikat sehingga Pemerintah wajib mematuhinya atau bisa menjadi pelanggaran HAM berat.

Jika demikian, YKMI juga akan menempuh langkah hukum lain, antara lain mengajukan gugatan pidana, gugatan perdata, atau bahkan melapor ke Mahkamah Internasional.

Seperti diberitakan secara luas, Presiden Jokowi mengizinkan orang untuk melakukan mudik perjalanan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Dalam Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 disebutkan bahwa pemudik wajib memenuhi persyaratan tertentu termasuk telah menerima kursus vaksinasi COVID-19 secara lengkap. Selain itu, bagi yang sudah mendapatkan vaksin booster tidak wajib mengikuti tes antigen atau PCR sebagai persyaratan perjalanan.

Baca: Lebih dari 13.000 Fasilitas Kesehatan Ditugaskan untuk Melayani Wisatawan Mudik

See also  Indonesia Serukan Kemerdekaan Palestina di Sidang IPU ke-144

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.