August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Fanatisme Agama Jangan Memonopoli Kebenaran: Kepala BNPT

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar, mengingatkan masyarakat agar tidak menggunakan fanatisme agama sebagai alat untuk memonopoli kebenaran agar tidak terjadi perpecahan.

“Fanatisme terhadap agama boleh saja. Namun, yang penting jangan sampai memonopoli kebenaran dan saling menuduh,” kata Amar dalam diskusi daring bertajuk “Monopoli Kebenaran dan Fanatisme Agama”, Sabtu.

Amar kemudian menjelaskan bahwa fanatisme agama tanpa memonopoli kebenaran akan menjaga keragaman yang ada di Indonesia untuk mengamankan persatuan dan kesatuan di negara ini.

Lebih lanjut, Amar meyakini bahwa setiap umat beragama sebenarnya harus memiliki rasa fanatisme terhadap agamanya.

“Fanatisme dalam menjalankan ibadah dan menerapkan syariat agama memang sesuatu yang harus dijaga,” imbuhnya.

Selain itu, ia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan agama lain dengan bentuk ibadahnya sendiri. Oleh karena itu, masyarakat harus saling menghormati, apapun agama yang dianutnya.

Dia juga menekankan bahwa memeluk agama tertentu adalah hak individu bagi setiap orang di negara ini.

“Kita harus menyadari bahwa di luar, ada orang lain yang berbeda agama yang harus kita hormati. Ini juga prinsip toleransi,” katanya.

Lebih lanjut, Amar memandang perlu bagi seluruh elemen bangsa untuk menjaga kebhinekaan di Indonesia baik berupa suku, agama, adat istiadat, dan budaya.

Padahal, proses penyebaran suatu agama ke Indonesia, seperti Islam, tidak lepas dari asimilasi dengan berbagai adat.

“Masyarakat Indonesia sangat beragam bahkan proses masuk Islam juga merupakan perpaduan budaya dan adat. Kita harus memandangnya sebagai kekayaan Indonesia,” tegasnya.

Untuk itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu mensyukuri keberagaman yang ada di tanah air dengan tidak memonopoli kebenaran melalui fanatisme dan terus memperkuat nilai-nilai toleransi.

See also  Tebet Eco Park Dibatasi Pengunjung Setelah Keluhan Masyarakat

Membaca: Ketua Komunitas Italia Sebut Muslim di Italia Tidak Fanatik

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.