August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Tanjung Benoa di Bali Diusulkan Sebagai Komunitas Siap Tsunami

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaDesa Tanjung Benoa di Bali diusulkan untuk mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai tsunamikomunitas -siap, menurut pernyataan tertulis pada hari Minggu.

Usulan tersebut dibuat oleh tujuh desa di Kecamatan Kuta Selatan dan upaya mereka akan dituangkan dalam sesi World Platform for Catastrophe Threat Discount (GPDRR) ke-7 pada 23-28 Mei 2022,

“Pengusulnya harus masyarakat sendiri, bukan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) atau BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Kami hanya membimbing dan mendampingi,” Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kepala kata Dwikorita Karnawati, Jumat (22 April).

Tujuh desa yang mengajukan pengakuan Tanjung Benoa sebagai masyarakat siap tsunami adalah Desa Panggarangan, Desa Pangandaran, Desa Kemadang, Desa Gelagah, Desa Tambakrejo, Desa Tanjung Benoa, dan Desa Kuta Mandalika.

Sementara itu, UNESCO telah menetapkan 12 indikator sebagai penilaian masyarakat siaga bencana. Kedua belas indikator tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu identifikasi, kesiapsiagaan, dan respon.

Kesiapsiagaan terhadap tsunami merupakan bagian dari program berbasis masyarakat dengan kerjasama aktif beberapa pihak seperti tokoh masyarakat, pusat peringatan dini tsunami, serta lembaga mitigasi bencana lokal dan nasional.

Untuk mendapatkan pengakuan UNESCO, masyarakat di tingkat desa diharapkan dapat membangun jaringan antar desa atau pihak lain, seperti perguruan tinggi atau dunia usaha.

Selain itu, masyarakat didorong untuk berupaya memenuhi standar tinggi kesiapsiagaan bencana dengan terstruktur, sistematis, dan berbasis ilmu pengetahuan.

Desa Tanjung Benoa telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan beberapa lodge berlantai tiga atau lebih yang difungsikan sebagai tempat evakuasi sementara selama tsunami.

Pada April 2022, sebelum memberikan pengakuan kepada desa, UNESCO akan melakukan kegiatan verifikasi lapangan.

Membaca: Ancaman Gempa Megathrust; BMKG, Bandara Yogya Tahan Gempa, Simulasi Tsunami

See also  Pakar Kesehatan Menganggap Omicron sebagai Penyebar Tremendous Setelah Lonjakan Kasus

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.