August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kepercayaan Publik Terhadap Jokowi Jatuh Pada 2022 Dalam Survei Charta Politika Terbaru

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Pollster Charta Politika dalam salah satu surveinya baru-baru ini menemukan bahwa kepercayaan publik terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus menurun pada 2022 dari 84,9 persen pada Januari 2022, menjadi 81,0 persen pada Februari 2022, dan terakhir 75,8 persen tercatat pada April 2022.

“Melihat trennya, hampir setiap lembaga negara mengalami penurunan survei pada April. Penurunan terbesar cenderung dialami oleh lembaga Kepresidenan,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam webinar, Senin, 25 April 2022. .

Survei lembaga survei tersebut melibatkan 1.220 responden yang dipilih berdasarkan random sampling antara 10 hingga 17 April di seluruh provinsi di Indonesia dengan margin kesalahan 2,83 persen.

Apalagi dari survei tersebut, TNI mencatat angka kepercayaan publik tertinggi dengan 85,2 persen. Presiden menempati urutan kedua dengan 75,8 persen, diikuti oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di tempat ketiga dengan 70,7 persen, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di urutan keempat dengan 69,9 persen.

Yunarto mengklaim bahwa ini adalah pola baru dalam survei mereka tentang kepercayaan publik karena institusi kepolisian seringkali berada di bawah peringkat KPK pada tahun-tahun sebelumnya ketika dukungan publik terhadap komisi antikorupsi masih tinggi.

Backmarker dalam daftar lembaga terpercaya tersebut adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan terakhir Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Jokowi Resmi Tandatangani UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.