August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BNPB Pantau Dampak Letusan Gunung Anak Krakatau Selama Periode Mudik

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memantau dampak erupsi Gunung Anak Krakatau di tengah meningkatnya mobilitas orang-orang yang kembali ke kampung halaman atau pergi mudik perjalanan jelang Idul Fitri 1443 Hijriah. Standing gunung api tersebut sebelumnya dinaikkan dari Waspada atau Awas degree 2 menjadi Siaga atau Siaga degree 3.

“Sekarang, situasinya belum kritis. Informasi yang disampaikan kepada masyarakat masih dalam tahap kesiapan,” kata Kepala Knowledge dan Teknologi Informasi BNPB Abdul Muhari saat konferensi pers, Senin, 25 April.

Abdul mengatakan, pihak berwenang akan mengambil kebijakan yang mempengaruhi lalu lintas transportasi selama arus mudik di sekitar Selat Sunda jika erupsi menimbulkan dampak yang membahayakan. Badan akan terus memperbarui informasi jika ada aspek kontingensi.

“Tindakan tersebut sangat bergantung pada situasi yang ada,” katanya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat mewaspadai potensi tsunami akibat meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatauterutama pada malam hari.

“Sulit untuk melihat ketinggian gelombang laut pada malam hari,” katanya.

Untuk mitigasi risiko tsunami dan situasi yang semakin parah, Dwikorita mengatakan, pihak berwenang perlu menyiapkan beberapa hal. Misalnya, memperjelas jalur evakuasi, rambu-rambunya, dan shelter-shelternya.

Membaca: Standing Waspada Gunung Anak Krakatau Dinaikkan Karena Aktivitas Vulkanik yang Meningkat

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Anies Baswedan Adakan Halalbihalal Gathering Bersama Aparatur Negara Hari Ini
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.