August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BNPT Ajak Pemuda Sebarkan Narasi Positif di Media Sosial

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaBadan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak generasi muda yang terdiri dari Generasi Z dan milenial untuk menyebarkan pesan dan kampanye positif di media sosial.

Upaya kontra-narasi melalui media sosial merupakan langkah yang efektif, kata Sekretaris Utama BNPT Mayjen Dedi Sambowo, Selasa.

Menurutnya, semua pihak, termasuk Generasi Z dan milenial, harus ikut menyebarluaskan narasi kontraterorisme di media sosial.

Upaya kontra-narasi perlu dilakukan melalui kolaborasi seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah, akademisi, komunitas, media, dan pelaku bisnis, tambahnya.

Sambowo optimistis jika semua pihak menyebarkan narasi positif dalam interaksi media sosial, dampaknya akan besar bagi Indonesia yang damai.

“Jika upaya kontra-narasi dilakukan oleh semua pihak secara bersama-sama, maka tidak akan ada lagi ruang untuk narasi kebencian terorisme radikal,” katanya.

Media sosial sering disalahgunakan untuk menyebarkan berita bohong, ujaran kebencian, dan narasi radikal yang dapat memicu serangan teror oleh pelaku penyendiri, tambahnya.

Fenomena ini patut menjadi perhatian semua kalangan mengingat saat ini jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 191 juta, tegas Sambowo. Peningkatan sebesar 12,35 persen didominasi oleh kaum milenial dan Generasi Z, ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, partisipasi semua media sosial Pengguna dalam memposting informasi dan narasi positif akan berperan penting dalam membangun kondisi damai di Indonesia.

Sebelumnya, pada 20 April 2022, Kepala BNPT Boy Rafli Amar dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk membantu melindungi perempuan dan anak dari paparan kejahatan teror.

“Mudah-mudahan MoU ini tidak hanya menjadi dokumen, tetapi kita benar-benar dapat mengimplementasikannya dalam bentuk program dan aksi nyata dalam hal pencegahan perempuan dan anak dari terpaan radikalisme dan terorisme,” kata Puspayoga.

See also  Patut Diwaspadai Dampak Ketegangan Cina - Taiwan ke Perekonomian RI

Membaca: Fanatisme Agama Jangan Memonopoli Kebenaran: Kepala BNPT

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.