August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Harus Keluarkan Rp280 Triliun Jika BBM Bersubsidi, Harga LPG Tidak Naik

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaMontty Girianna, Deputi Bidang Koordinasi dan Pengembangan Badan Usaha Milik Negara, Riset, dan Inovasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan rencana pemerintah menaikkan harga komoditas bahan bakar bersubsidi seperti Photo voltaic dan Pertalite, serta Liquefied Petroleum Gasoline (LPG), harus segera dieksekusi.

Kebijakan itu, menurutnya, akan langsung meringankan beban subsidi dan kompensasi yang terus meningkat hingga kuartal I tahun ini.

Montty menegaskan, saat ini pemerintah harus merogoh kocek sebesar Rp280 triliun untuk subsidi dan kompensasi BBM, naik dua kali lipat dari rencana awal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 sekitar Rp140 triliun.

“Kalau harga elpiji tetap di Rp4.259 per kilogram atau sekitar Rp12.000 per tabung, maka kami harus merogoh kocek sekitar Rp130 ​​triliun untuk elpiji. Belum lagi bensin Photo voltaic dan Pertalite yang harus kita keluarkan sekitar Rp200 triliun. Jadi complete kita harus merogoh kocek Rp80 triliun kalau tidak menaikkan harga,” kata Montty di Power Nook, Senin, 25 April.

Untuk itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sedang menyiapkan sejumlah skenario terkait rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi dan elpiji 3 kilogram. Skenario tersebut dirancang bersama beberapa kementerian terkait seperti Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan Kementerian BUMN untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi.

Montty menjelaskan, Kementerian ESDM akan mengusulkan besaran kenaikan harga dan quantity yang harus ditambah untuk kuota subsidi. Kemudian, Kementerian Keuangan akan menghitung berapa proyeksi inflasi jika harga BBM dinaikkan dalam jangka waktu tertentu.

“Kami sudah meminta Kementerian Keuangan untuk merancang social security bukan untuk orang-orang yang rentan terhadap lonjakan harga ini,” kata Montty.

Membaca: Truk Batubara Dilarang Mendapatkan Bahan Bakar Minyak Bersubsidi: Pertamina

See also  Mengenal Makro dan Mikro Tidak Hara yang Dibutuhkan oleh Tanaman

BISNIS.COM

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.