August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kepuasan Masyarakat terhadap Jokowi Menurun karena Harga Komoditas Tinggi: Survey

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaSurvei yang dilakukan pada 14-19 April 2022 oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap Presiden Joko “JokowiWidodo terus turun menjadi 59,9 persen.

“Sementara itu, 30,5 persen [of respondents] tidak puas dan 8,1 persen [of respondents] sangat tidak puas, atau complete 38,6 persen. Memang ada lebih banyak [respondents who claimed] puas, tapi tren kepuasan terus menurun,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam webinar, Selasa, 26 April.

Burhanuddin mengatakan, pada Januari 2022, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah mencapai 75,3 persen. Ini merupakan rekor terbesar yang diraih Jokowi selama menjabat sebagai Presiden sejak 2014.

“Karena saat itu belum terjadi inflasi, harga minyak goreng masih terjangkau [for the public]. Masyarakat saat itu masih senang dengan kinerja pemerintah dalam menangani kasus Delta,” jelasnya.

Ia kembali menegaskan bahwa masyarakat tidak puas dengan Jokowi karena mahalnya harga bahan pokok. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang menyebutkan 36,6 persen masyarakat mendesak pemerintah untuk menstabilkan harga bahan pokok, terutama minyak goreng dan bahan bakar.

Namun, Burhanuddin memperkirakan tingkat kepuasan akan meningkat seiring keputusan pemerintah melarang ekspor minyak goreng dan Kejaksaan Agung menangkap empat tersangka mafia minyak goreng.

Indikator Politik Indonesia mewawancarai 1.220 orang secara acak dari seluruh Indonesia dalam survei ini. Mereka berusia di atas 17 tahun, memiliki hak untuk memilih, dan diwawancarai secara langsung. Burhanuddin mengklaim survei tersebut memiliki margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Membaca: Skor Wapres Ma’ruf Amin Di Bawah Jokowi dalam Survei Kepuasan Masyarakat IPI

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Intelijen Inggris dan FBI Kompak Ingatkan Bahaya Laten Spionase China

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.