August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah: Larangan Ekspor Palm Olein RBD ‘untuk Menempatkan Perusahaan di Tempat Mereka’

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Pemerintah telah memberlakukan larangan ekspor bahan baku minyak goreng dalam bentuk olahan, pemutih, penghilang bau, atau olein sawit RBD, menyusul kelangkaan minyak goreng di dalam negeri. Menteri Penanaman Modal Bahlil Lahadalia pada Rabu mengatakan kebijakan ketat ini harus diterapkan karena banyak pelaku usaha yang gagal memenuhi kebijakan home market obligation (DMO).

“Kami memberikan DMO tetapi perusahaan masih menolak. Kami kemudian dipaksa untuk menghentikan sementara jalur ekspor untuk menempatkannya [corporations] di tempat mereka. Bangsa ini punya aturan, jangan disalahartikan sebagai negara tanpa hukum,” kata Menkeu dalam konferensi pers, 27 April lalu.

Pemerintah Indonesia mulai melarang ekspor bahan baku minyak goreng pada Kamis, 28 April hingga waktu yang belum ditentukan. Kementerian Perdagangan berencana menerbitkan petunjuk teknis pelarangan hingga harga minyak goreng curah diperkirakan mencapai Rp14.000/liter di pasar tradisional.

Dia memastikan larangan RBD palm olein bersifat sementara karena pemerintah ingin mengedepankan kepentingan umum tetapi sekaligus mempertahankan bisnis.

Menkeu berharap korporasi ikut menanggung dampak kenaikan harga acuan minyak sawit mentah (CPO) agar tidak membebani masyarakat. Bahlil juga meminta pihak swasta untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kalau pelaku usaha mau tertib, mau bahu-membahu menangani masalah bangsa untuk kepentingan rakyat, pemerintah tidak akan mengambil keputusan ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Bahlil menyatakan kebijakan pelarangan ekspor palm olein RBD tidak akan mempengaruhi realisasi investasi. Apalagi, saat ini pemerintah sedang melakukan moratorium izin pembukaan lahan sawit.

Baca: Larangan Sementara Minyak Sawit Mentah Pilihan ‘Terbaik Di Antara Yang Terburuk’: Pemerintah

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  High 3 Tekno Berita Hari Ini: Cuaca Hari Ini, Guru Besar UI Terima Penghargaan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.