August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Fadli Zon Bergabung dengan Satuan Tugas IPU Untuk Membantu Mengakhiri Perang Rusia-Ukraina

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Ketua Badan Kerja Sama Antar DPR Fadli Zon menjadi anggota Satgas Antar Serikat Pekerja (IPU). Gugus tugas tersebut bertugas untuk mencari penyelesaian atas agresi militer antara Rusia dan Ukraina. Gugus tugas itu menggelar sidang perdana pada 25 April 2022.

“Dunia harus bekerja sama untuk mendorong resolusi politik perang antara Rusia dan Ukraina,” kata Fadli dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 April 2022, yang awalnya disuarakan dalam sidang pertama satgas.

Fadli sangat meyakini bahwa resolusi politik diperlukan untuk mencegah agar resolusi militer saat ini tidak digunakan untuk memicu perang yang lebih besar dengan menggunakan nuklir, yang secara efektif akan menjadi perang dunia ketiga.

Fadli menjelaskan, pembentukan satgas tersebut atas inisiatif BKSAP pada rapat umum IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali, akhir Maret lalu. Indonesia juga merupakan satu-satunya negara Asia Pasifik yang menjadi anggota Activity Drive.

Satgas ini sendiri terdiri dari delapan orang yang mewakili enam Kelompok Geopolitik. Afrika Selatan dan Namibia sebagai perwakilan dari kelompok Afrika. Uni Emirat Arab mewakili kelompok Arab. Indonesia mewakili grup Asia Pasifik,

Kazakhstan mewakili grup Eurasia. Uruguay adalah perwakilan dari kelompok Amerika Latin dan Karibia. Terakhir, Belanda dan Israel sebagai perwakilan kelompok Twelve Plus yang meliputi kawasan Eropa Barat.

Fadli Zon mengatakan Satgas harus bisa mendapatkan kepercayaan dari Rusia dan Ukraina. Oleh karena itu, pembicaraan tripartit antara Gugus Tugas dan Parlemen Rusia dan Ukraina dapat menghasilkan kesepakatan yang berarti.

Sebagai pendukung pembentukan Satgas, Fadli Zon juga menyampaikan bahwa Satgas harus tidak memihak dan netral. Tujuannya agar Satgas dapat bekerja secara objektif untuk mengakhiri perang, meredakan konflik, membuka koridor kemanusiaan, dan mencapai kesepakatan damai.

See also  Stok Beras Cukup untuk Dua Tahun Ke Depan Sebelum Ekspor: Jokowi

FAJAR PEBRIANTO

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.