August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gunung Ibu di Maluku Utara Meletus Kelima Kali Dalam 3 Hari

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaGunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara kembali meletus pada pukul 08:43 WIB atau 06:43 WIB, Kamis pagi, 28 April. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan peningkatan aktivitas vulkanik. terjadi sejak Selasa lalu.

Pada letusan hari ini, kolom abu dimuntahkan sekitar 2.500 meter di atas puncak, atau sekitar 3.825 meter di atas permukaan laut. Terpantau berwarna putih dan abu-abu dengan intensitas sedang hingga tebal dan condong ke arah barat laut.

Letusan tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dalam waktu 80 detik, seperti dikutip dari pernyataan PVMBG melalui akun Twitter-nya hari ini.

PVMBG dengan demikian menggarisbawahi bahwa orang atau wisatawan dilarang mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dan menjauhi perluasan sektoral 3,5 kilometer menuju bukaan kawah di wilayah utara.

Masyarakat juga disarankan untuk memakai penutup hidung dan tunggangan, serta pelindung mata atau kacamata jika hujan abu turun.

Letusan terbaru melemparkan abu tertinggi. Pada hari Selasa, gunung berapi di Pulau Halmahera mengeluarkan kolom abu setinggi sekitar 1.500 meter sebanyak dua kali, pada pukul 17:36 WIT dan 20:40 WIT. Sedangkan pada Rabu, erupsi pertama tercatat pukul 08.49 WIB dengan tinggi kolom abu 600 meter dan letusan kedua pukul 09:02 WIB menyemburkan kolom abu setinggi 1.500 meter.

Gunung Ibu termasuk di antara 17 gunung berapi yang saat ini berstatus waspada waspada atau Perhatian. Information yang ada menyebutkan aktivitas erupsinya sepanjang tahun 2022 merupakan yang tertinggi kedua setelah Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Baca: Ahli Vulkanologi Bahas Potensi Erupsi Gunung Anak Krakatau

ZACHARIAS WURAGIL

See also  Kisah Penetapan Hari Malala Dunia oleh PBB, Perjuangan Aktivis Malala Yousafzai
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.