August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Ideas Aman dari Kebakaran untuk Melindungi Rumah Selama Perjalanan Mudik

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaDinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melaporkan bahwa korsleting listrik masih menjadi penyebab dominan kebakaran rumah selama dan menjelang mudik Lebaran.

“Listrik menjadi penyebab kebakaran saat musim mudik,” kata Kepala Dinas Saepuloh kepada Tempo pada hari Rabu, 27 April.

Baru-baru ini diberitakan, dua kebakaran besar melanda rumah penduduk di Pasar Gembrong dan Kebon Kelapa, Jakarta, Minggu, 24 April lalu, yang hanya sepekan jelang Idul Fitri.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan semua hal terkait listrik rumah sebelum kembali ke kampung halaman untuk libur panjang.

Pertama, Saepuloh menggarisbawahi bahwa pemudik harus memastikan untuk mencabut barang dari outlet. Mematikan meteran listrik, lanjutnya, tidak perlu dilakukan, apalagi jika pemilik rumah membutuhkan untuk akuariumnya.

Selain listrik, kata dia, masyarakat juga harus mematikan kran gasoline sebelum bepergian.

Penting juga untuk melaporkan kepada petugas keamanan atau pejabat RT/RW bahwa rumah tersebut akan dibiarkan kosong selama berhari-hari sehingga mereka dapat memantau rumah jika terjadi situasi darurat. Masyarakat juga disarankan untuk menitipkan kunci rumah kepada tetangga atau kerabat terdekat dan hewan peliharaannya ke toko hewan peliharaan atau kerabat.

Lebih lanjut Saepulah menyarankan APAR atau alat pemadam kebakaran di setiap rumah dengan ukuran 3,5 atau 4,5 kilogram. Untuk mengatasi korsleting listrik lebih aman, tambahnya, sebaiknya menggunakan alat pemadam api non-konduktif, seperti serbuk kering atau alat pemadam api CO2.

“Penting untuk memiliki satu unit APAR di setiap rumah, atau setidaknya di satu RT untuk upaya awal penanganan kebakaran,” kata Saepuloh.

Baca: Kebakaran Besar Hancurkan 400 Rumah, Toko

EKA YUDHA SAPUTRA

See also  Kasus COVID-19 Meningkat Lagi; Warga Jakarta Diingatkan untuk Mendapatkan Booster
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.