August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jutaan Perkebunan Kelapa Sawit Kecil Terluka Akibat Larangan Ekspor CPO, Klaim GAPKI

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyayangkan larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) pemerintah dan menyatakan larangan tersebut akan berdampak berantai. GAPKI menilai kebijakan tersebut tidak hanya merugikan pengusaha sawit tetapi juga petani.

“Dalam jangka panjang akan berdampak negatif yang tidak hanya sangat merugikan perusahaan perkebunan, kilang, dan pengemasan, tetapi juga jutaan perkebunan kelapa sawit skala kecil,” kata Ketua Umum GAPKI Tofan Mahdi, Kamis, 28 April 2022.

Pemerintah baru-baru ini melarang ekspor bahan baku minyak goreng, CPO, RBD palm olein, dan minyak goreng bekas. Larangan tersebut mulai berlaku pada Kamis, 28 April 2022, melalui pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022.

Tofan mengatakan para pemangku kepentingan di industri kelapa sawit nasional saat ini sedang menunggu tindakan lebih lanjut terkait penyelesaian masalah seputar kelapa sawit. Pelaku usaha, kata Tofan, sedang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pelaku usaha untuk mendistribusikan minyak goreng ke masyarakat sesuai permintaan Presiden Joko Widodo.

Koordinasi dilakukan di sektor hulu dan hilir, antara lain dengan Bulog, RNI, dan BUMN lainnya.

“Kami juga terus berkomunikasi dengan asosiasi petani kelapa sawit untuk menyampaikan situasi terkini industri kelapa sawit pasca kebijakan larangan ekspor CPO dan mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan dampaknya terhadap petani kelapa sawit,” kata Tofan.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Lonjakan Kasus Omicron Akibat Pulang Pelancong dari Luar Negeri: Luhut
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.