August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Aktivitas Vulkanik Gunung Anak Krakatau Menurun; Orang Didesak untuk Tetap Waspada

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan melaporkan, aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau mulai melemah Kamis, 28 April lalu. Hal itu disimpulkan setelah pihaknya melakukan observasi udara yang dilapis oleh hasil pemantauan dari pos pengamatan.

Hendra mengatakan, hasil penelitian menunjukkan energi gempa sebagai pembangkit erupsi mengalami penurunan drastis.

“[Based on] knowledge yang terekam secara instrumental, energi gempa ini sudah turun, baik yang terekam melalui alat maupun pemantauan langsung,” kata Hendra dalam keterangannya, Jumat, 29 April.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto meminta masyarakat tetap waspada. Meski telah terjadi penurunan aktivitas vulkanik, dia menegaskan Gunung Anak Krakatau tetap waspada degree III atau waspada (Peringatan).

Suharyanto mengatakan, aktivitas vulkanik gunung di Selat Sunda ini masih cukup fluktuatif karena sewaktu-waktu bisa berkurang atau bertambah.

“Tetap waspada, tetap waspada tapi bukan berarti membuat panik. Orang harus diperbarui [about information related to the mountain] melalui situs resmi pemerintah untuk mencegah hoax. Masyarakat diharapkan tetap tenang,” ujarnya.

Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau kembali meningkat sejak Minggu, 24 April 2022, yang terlihat dari gempa, letusan, dan longsor atau longsoran.

Baca: Standing Waspada Gunung Anak Krakatau Dinaikkan Akibat Aktivitas Vulkanik yang Meningkat

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Evakuasi Ternak Selamatkan Manusia dari Dampak Bencana Vulkanik
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.