August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BMKG Pastikan Potensi Tsunami Rendah dari Gunung Anak Krakatau

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, dengan mulai menurunnya aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, tidak ada ancaman berbahaya bagi aktivitas transportasi air di Pelabuhan Bakauheni dan Merak.

Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa lalu lintas di pelabuhan meningkat secara signifikan karena musim mudik Lebaran 2022.

Ia menjelaskan, potensi tsunami yang ditimbulkan oleh aktivitas vulkanik sangat kecil. Apalagi, aktivitas letusan gunung berapi saat ini semakin berkurang.

“Ada beberapa pulau sebagai pembatas di sekitar Gunung Anak Krakatau yang juga bisa menekan ancaman tsunami bagi kapal feri yang melintas dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan sebaliknya,” kata Dwikorita dalam keterangannya, Jumat, 29 April.

Selain itu, jarak antara gunung berapi dan jalur penyeberangan antara pulau Jawa dan Sumatera cukup jauh, katanya. Ini adalah salah satu faktor yang mengurangi potensi risiko tsunami.

Risiko silent tsunami seperti yang melanda sebagian wilayah Banten dan Lampung pada 2018 diperkirakan tidak berdampak pada aktivitas penyeberangan Merak-Bakauheni. Tsunami diam empat tahun lalu disebabkan oleh tanah longsor bawah laut.

“Aktivitas penyeberangan relatif aman dari bahaya tsunami. Apalagi erupsinya melemah. Sumber [of a tsunami] lemah, jadi kita dapat menyimpulkan bahwa [the crossing activity] aman, Insya Allah,” kata Dwikorita.

Baca: Ahli Vulkanologi Bahas Potensi Erupsi Gunung Anak Krakatau

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Mahasiswa Kecewa Absennya Jokowi Saat Protes Massal
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.