August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Tolak Permintaan Senjata Zelensky, Tawarkan Peran Sebagai Mediator Perdamaian

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi dalam konferensi pers digital pada hari Jumat mengatakan dia telah menolak permintaan bantuan senjata dari timpalannya dari Ukraina Volodymyr Zelensky ketika kedua pemimpin berbicara melalui telepon pada Kamis malam.

“Kami juga berbicara tentang permintaan senjata dari Indonesia, tetapi saya tegaskan bahwa konstitusi dan prinsip luar negeri Indonesia melarang kami memberikan senjata kepada negara lain,” kata Presiden dalam konferensi pers pada 29 April.

Meski menolak permintaan Zelensky, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia siap dan bersedia memberikan bantuan kemanusiaan kepada Ukraina dan sejauh ini mengambil peran sebagai mediator dalam konflik Rusia-Ukraina selama KTT G20.

“Dalam konteks ini, alasan saya mengundang Presiden Zelensky untuk menghadiri KTT G20,” kata mantan gubernur Jakarta itu.

Dia juga mengatakan bahwa komunikasi telah dilakukan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini untuk menanyakan tentang pembaruan terbaru tentang negosiasi antara Rusia dan Ukraina. Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi mendesak Putin untuk memberikan kesempatan negosiasi damai.

“Indonesia siap berkontribusi dalam upaya perdamaian,” kata Jokowi, “Dalam panggilan telepon, Presiden Putin menyampaikan apresiasinya atas undangan KTT G20 dan menegaskan akan hadir.”

Baca: Percakapan Jokowi, Putin Bahas G20, Negosiasi Damai

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Jokowi Ibaratkan Hubungannya dengan Megawati Seperti Ibu dan Anak
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.