August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Menteri Tenaga Kerja Melonggarkan Aturan Penarikan JHT

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah merevisi aturan jaminan hari tua (JHT) dengan menerbitkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022 yang dapat memudahkan masyarakat untuk mencairkan dananya.

“Pembayaran JHT [will be carried out] paling lambat lima hari kerja setelah permohonan dan persyaratan diterima secara lengkap dan benar oleh BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida dalam konferensi pers yang digelar secara digital, Kamis, 28 April.

Proses penarikan juga dipermudah hanya dengan menunjukkan lampiran elektronik atau fotokopi KTP dan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS karena kini sudah tersedia layanan on-line.

Penyampaian bukti PHK juga tidak rumit, sebagaimana tercantum dalam Pasal 11 (C) Permenaker 4/2022.

Ida menegaskan, pelonggaran regulasi bukan berarti pengusaha bisa dengan mudah memberhentikan pekerja. “Proses PHK harus tetap sesuai dengan ketentuan,” imbuhnya.

Menurut dia, peraturan baru ini sekaligus mencabut Permenaker Nomor 19 Tahun 2015 dan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 sebagai tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi setelah mempertimbangkan pandangan serikat pekerja atau buruh.

Lebih lanjut Menteri Ida menjelaskan, yang diperbolehkan menarik JHT antara lain pekerja yang mengundurkan diri, diberhentikan, cacat whole tetap, dan meninggal dunia. Waktu tunggu diatur dalam satu bulan dan orang tidak perlu lagi memasuki masa pensiun pada usia 56 tahun untuk menguangkan keluar dana mereka.

Baca: Menaker Targetkan Revisi Aturan JHT Selesai Sebelum 4 Mei

FAIZ ZAKI

See also  Acara Sampingan Pariwisata G20 Bertujuan Membuka Ribuan Lapangan Kerja
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.