August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Jamin Keselamatan Transportasi di Tengah Erupsi Gunung Anak Krakatau

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Sejumlah instansi pemerintah, Kamis, melakukan penilaian bahaya terkait situasi vulkanik Gunung Anak Krakatau yang beberapa hari terakhir memuntahkan abu vulkanik.

Penilaian dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG); dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, kondisi gunung tersebut saat ini masih kondusif. Dia juga membantah desas-desus yang beredar bahwa gunung berapi itu berada dalam fase kritis.

“Saat kami mendekati Gunung Anak Krakatau untuk inspeksi visible, insya Allah aman. Makanya kalau ada desas-desus yang mengatakan gunung dalam kondisi kritis, itu pada dasarnya tidak benar,” tulisnya dalam sebuah pernyataan pada 29 April.

Standing Anak Krakatau dinaikkan menjadi Degree III dibandingkan dengan Degree II sebelumnya. Hal ini terutama disebabkan oleh letusan dan lahar jatuh gunung saat ini menunjukkan yang telah menciptakan zona “larangan” di perimeter lima kilometer gunung vulkanik.

Peningkatan aktivitas vulkanik ini sebelumnya dikhawatirkan akan mempengaruhi lalu lintas transportasi yang melewati Selat Sunda, tempat gunung itu berada sebagai eksodus massal Idul Fitri atau mudik sudah dimulai, yang melihat ribuan orang melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka.

Membaca: PVMBG: Eksplosif Suara Bukan dari Anak Krakatau

DEWI NURITA

See also  Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi Malam Ini, Kolom Abu 3 Kilometer
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.