August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Lombok Hari Ini

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Gempa tektonik dengan magnitudo 5,1 mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dini hari ini, 30 April pukul 01:25 Waktu Indonesia Barat (WIB). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperbarui parameter gempa menjadi magnitudo 4,8.

Pusat gempa berada di 9,74° Lintang Selatan dan 116,26° Bujur Timur, atau di laut 92 kilometer Selatan Kota Praya, NTB, pada kedalaman 50 kilometer.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, berdasarkan episentrum dan hiposenternya, gempa tersebut tergolong dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Australia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme sesar naik miring,” kata Bambang dalam keterangannya, Sabtu.

Guncangan dirasakan di Lombok Timur, Lombok Barat, Mataram, dengan intensitas degree III skala MMI yang dapat dirasakan di dalam rumah. Seolah-olah truk lewat.

Sementara itu, Lombok Utara, Lombok Tengah, dan Sumbawa Barat merasakan gempa dengan skala MMI degree II. Gempa tersebut tidak menunjukkan potensi tsunami.

Baca: Gempa 4,8 M Guncang Sukabumi pada Selasa dini hari

Maria Fransisca Lahur

See also  Kim Kardashian Akui Tangannya Keriput, tapi Belajar Menerimanya
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.