August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Komentar Kemenkes Soal Peralihan Standing Endemik Covid-19

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Kementerian Kesehatan terus melakukan upaya untuk mengubah standing pandemi Covid-19 menjadi endemik. Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, untuk mencapai standing endemis, persiapan harus dilakukan dengan menekan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19, yang bisa dilakukan melalui vaksinasi.

Selain itu, Nadia menambahkan, kebijakan tracing akan terus dilaksanakan sesuai dengan goal 1:12. “Setidaknya protokol kesehatan diterapkan oleh mal atau destinasi pariwisata,” kata Nadia melalui pesan singkat, Selasa, 3 Mei 2022.

Oleh karena itu, kata Nadia, Kemenkes mengimbau kepala daerah seperti gubernur, walikota, dan bupati untuk terus mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. “Tetap ingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan,” kata Nadia.

Sebelumnya, Nadia mengatakan pemerintah tidak terburu-buru menurunkan standing pandemi menjadi endemik. Ia menjelaskan, ada beberapa indikator yang harus diperhatikan terkait perubahan standing pandemi menjadi endemik.

Indikator tersebut antara lain: angka infeksi harus lebih rendah dari 1 (satu), angka positif harus kurang dari 5 (lima) persen, angka perawatan di rumah sakit harus kurang dari 5 (lima) persen, angka kematian harus lebih rendah dari 3 (tiga) persen. persen, dan tingkat pembatasan aktivitas masyarakat pada penularan penyakit lokal harus ditetapkan pada tingkat 1 (satu). Kondisi tersebut harus dicapai dalam jangka waktu tertentu, misalnya 6 (enam) bulan.

“Dalam standing endemik, kasus akan tetap ada, tetapi tidak akan mengganggu kehidupan kita sehari-hari seperti saat ini dimana hampir semua aktivitas kita, kehidupan sosial, kehidupan keagamaan, pariwisata tidak terpengaruh oleh kasus Covid-19,” kata Nadia dalam keterangan tertulis. pernyataan pada 16 Maret 2022.

Saat ini, Indonesia sedang dalam proses transisi dari standing pandemi menjadi endemik. Proses tersebut sejalan dengan kebijakan yang lebih longgar yang diambil oleh pemerintah, termasuk mengizinkan masyarakat untuk kembali ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri.

See also  New Regular Seharusnya `Sekarang Regular` untuk Pengendalian COVID-19: Pakar

Bulan lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyatakan bahwa Indonesia sedang bersiap untuk transisi dari standing pandemi covid-19 menjadi endemik. Salah satu tandanya, menurut Budi, adalah menurunnya angka infeksi terkonfirmasi.

Kondisi tersebut juga didukung dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan tanggung jawab kesehatan. “Selama masyarakat menyadari apa yang perlu dilakukan untuk menghadapi pandemi, itu akan menunjukkan bahwa kita siap untuk transisi dari pandemi ke endemik,” kata Menteri Budi dalam konferensi pers yang dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden pada 4 April. 2022.

Depkes. KHORY ALFARIZI

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.