August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Standing Endemik Covid-19 Tunggu Evaluasi Lebih Lanjut

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Abraham Wirotomo menegaskan, keputusan perubahan standing pandemi Covid-19 menjadi endemik akan dilakukan setelah evaluasi usai masa mudik Lebaran.

Pernyataan Abraham tersebut disampaikan menyusul adanya informasi bahwa pemerintah telah menyiapkan rencana untuk mengubah standing pandemi Covid-19 menjadi endemik.

“Untuk skema menuju standing endemik, pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu setelah Idul Fitri. Kami berharap tidak ada lagi lonjakan seperti di negara lain. Pemerintah akan bersiap untuk mengantisipasi jika ada lonjakan, ” kata Abraham dalam konferensi pers pada Kamis, 5 Mei 2022.

Abraham mengaku selama tujuh pekan terakhir, Covid-19 sudah terkendali.

Kondisi tersebut terlihat dari knowledge Angka Reproduksi (Rt) yang nilainya tetap konsisten 1 (satu), dan jumlah kasus Covid-19 yang terus menurun secara bertahap.

“Sampai 3 Mei 2022, 107 kasus per hari, angka kematian 18 per hari, dan jumlah kasus aktif tinggal 6.951. Ini yang perlu kita syukuri dan perlu kita apresiasi kepada petugas medis, TNI Angkatan Darat/ Polisi, dan Satgas yang terus mengingatkan kita akan protokol kesehatan,” tambah Abraham.

Namun, Abraham mengatakan pemerintah tidak terburu-buru mengubah standing pandemi Covid-19 menjadi endemik meski sejumlah faktor sudah menunjukkan perbaikan.

ANTARA

See also  Sebab Demam Tifoid Bisa Terjadi Berulang Kali
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.