August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Indeks Manufaktur Indonesia Mengungguli China, Rusia

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Buying Managers’ Index (PMI) Indonesia pada April 2022 berada di 51,9 pada April, naik dari 51,3 pada Maret, menurut survei S&P International, lebih tinggi dari sejumlah negara termasuk China dan Rusia. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kenaikan PMI manufaktur seiring dengan meningkatnya arus ekspor.

Pada Maret 2022, ekspor Indonesia surplus US$4,53 miliar.

“Hasil PMI tersebut merupakan peningkatan bisnis di seluruh sektor manufaktur Indonesia selama delapan bulan berturut-turut, dengan tingkat peningkatan tercepat sejak Januari lalu,” kata Agus dalam keterangannya, Kamis, 5 Mei.

Indeks manufaktur Indonesia pada April mengungguli beberapa negara, termasuk China dan Rusia. Skor 51,9 lebih tinggi dibandingkan China (46,0), Rusia (48,2), Malaysia (51,6), Taiwan (51,7), dan Vietnam (51,7).

Pemulihan sektor industri pengolahan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan II-22. Menteri Agus mengatakan, sektor industri manufaktur terus tumbuh lebih cepat sepanjang April.

Dia mengatakan pemerintah juga akan mendorong potensi belanja barang dan modal serta jasa publik di dalam negeri. Pemerintah mengalokasikan anggaran belanja pemerintah pusat sebesar Rp526 triliun dan pemerintah daerah Rp535 triliun, sehingga totalnya lebih dari Rp1.000 triliun.

Baca: Pertumbuhan PMI Manufaktur Tergantung Pasar Domestik: APINDO

Francisca Christy Rosana

See also  Gugus Tugas: Sejauh ini 21,7 Juta Orang Indonesia Telah Menerima Dosis Booster
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.