August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Menhub Desak Pemudik Idul Fitri Rencanakan Pulang Setelah 8 Mei

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau warga untuk melakukan Idul Fitri Perjalanan mudik Lebaran dari Pelabuhan Bakauheni (Provinsi Lampung) ke Pelabuhan Merak (Provinsi Banten) setelah 8 Mei 2022, untuk menghindari keramaian.

Puncak arus balik di perlintasan tersebut diperkirakan terjadi pada 7-8 Mei, ujarnya saat meninjau Pelabuhan Panjang di Provinsi Lampung, Sabtu.

Pelabuhan Panjang telah disiapkan sebagai pelabuhan alternatif untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Bakauheni, tambahnya.

“Pelabuhan Panjang sudah kami siapkan untuk melayani penumpang dan kendaraan logistik dari Provinsi Lampung hingga Pelabuhan Ciwandan, Provinsi Banten,” ujarnya.

Menhub mengatakan, sebelumnya telah bertemu dengan penumpang Kapal Motor (MV) Ciremai yang melayani lalu lintas penyeberangan pulang pergi di Pelabuhan Panjang.

Orang-orang senang dengan layanan ini, katanya.

“Insya Allah (pengaturan penyeberangan alternatif) akan dilakukan setiap tahun selama periode mudik Idul Fitri,” katanya.

Dari Rabu (4 Mei) hingga Sabtu sore (7 Mei), 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil, serta 45 truk dan bus melintasi Selat Sunda melalui jalur Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan.

Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini.

Selain mengimbau masyarakat untuk tidak kembali pada masa lalu lintas puncak 6-8 Mei, pemerintah juga mengizinkan mereka mengambil cuti tambahan, sementara sekolah telah diizinkan untuk melakukan pembelajaran on-line untuk beberapa waktu setelah 8 Mei.

Selanjutnya, beberapa daerah, seperti Kabupaten Bogor, telah memperpanjang Idul Fitri masa liburan al-Fitri bagi mahasiswa. Awalnya, hari pertama sekolah direncanakan pada 9 Mei, namun diundur menjadi 12 Mei.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mendukung kebijakan pemerintah menjadikan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan alternatif untuk mengurangi lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni.

See also  Kementerian Keluarkan Surat Edaran Larangan Silaturahmi Idul Fitri 2022 di tengah Pandemi Covid-19

“Saya berharap masyarakat mematuhi imbauan pemerintah untuk kembali setelah 8 Mei demi keamanan dan kenyamanan mereka,” katanya.

Membaca: 260.000 Kendaraan Masuk Puncak Sejak H+1 Lebaran

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.