August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Menhub Setujui Usulan Kapolri Terapkan WFH Untuk ASN

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyetujui usulan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan kebijakan make money working from home atau WFH bagi aparatur sipil negara (ASN).

Usulan tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pada arus mudik.

Dalam keterangan tertulis, Jumat, Prabowo berpesan kepada seluruh instansi pemerintah untuk menerapkan kebijakan WFH bagi seluruh ASN selama seminggu mulai Senin, 9 Mei.

“Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar ada instansi pemerintah yang menerapkan kebijakan WFH ini,” ujarnya.

“Setiap PPK (Badan Pembinaan Pegawai Negeri Sipil) diharapkan dapat mengatur jadwal, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap dapat berjalan,” ujarnya.

Pelaksanaan WFH tidak akan mengganggu urusan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya.

Pasalnya, keberadaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu, WFH selama seminggu setelah cuti Idul Fitri 2022 juga dapat dilaksanakan sebagai bentuk isolasi mandiri bagi ASN setelah mereka kembali dari kampung halaman, jelas Kumolo.

“WFH juga bisa menjadi peluang isolasi mandiri untuk mencegah penambahan kasus Covid-19,” ujarnya.

Selain menteri, dua anggota Komisi III DPR, Supriansa dan Andi Rio Idris Padjalangi, dalam keterangannya masing-masing, Jumat, juga mendukung gagasan Prabowo untuk menerapkan WFH.

Sebelumnya, Prabowo telah menyarankan pemerintah dan lembaga swasta untuk menerapkan kebijakan WFH selama seminggu setelah cuti Idul Fitri 2022 berakhir.

Di Garuda Wisnu Kencana, Badung, Bali, Kamis, dia menyatakan langkah ini diambil untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Selain itu, baik instansi pemerintah maupun swasta tetap dapat menjalankan pelayanannya dengan menggunakan media yang tersedia, seperti web, ujarnya.

See also  Lebih dari 13.000 Fasilitas Kesehatan Ditugaskan untuk Melayani Wisatawan Mudik

Baca: Menlu Luhut Serukan Kembalinya `Work from Dwelling` Di Tengah Omikron

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.