December 7, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kunjungan Jokowi Namun Berhasil Meredakan Perang Rusia-Ukraina: Menlu

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyoroti perang yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina dalam pidatonya di seminar hari ini, 11 Oktober 2022. Dia mengatakan kedua negara tidak memiliki keinginan untuk berdamai meskipun Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi telah berusaha untuk menengahi mereka. melalui kunjungan ke Kyiv dan Moskow.

Retno juga menggarisbawahi kompleksitas perang. Menurut dia, Indonesia terus berupaya menjembatani perbedaan pendapat yang ada, termasuk dengan kunjungan Presiden beberapa bulan lalu. Upaya diplomatik serupa juga telah dilakukan oleh PBB dan Turki.

“Hasilnya belum terlihat. Mengapa? Karena niat untuk menyelesaikan masalah masih sangat rendah. Kedua pihak yang terlibat masih mengedepankan pendekatan non-damai,” kata Retno di Seminar Lemhannas PPRA 64, Selasa.

Tentang posisi Indonesia, Menkeu menekankan bahwa Indonesia mendorong setiap negara untuk menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah negara lain dan bahwa setiap konflik harus diselesaikan secara damai di meja perundingan, bukan di medan perang.

“Berapa lama perang akan berlangsung? Kapan itu akan berakhir? Terus terang, kami tidak tahu kapan perang akan berakhir dan selama perang berlanjut, dampaknya akan terasa, terutama oleh negara-negara berkembang,” kata Retno.

Perang antara Rusia dan Ukraina meningkat awal pekan ini. Rusia meluncurkan serangan udara skala besar termasuk di ibukota Kyiv beberapa hari setelah ledakan besar terjadi di jembatan Rusia-Crimea.

DANIEL AHMAD

Klik disini untuk mendapatkan replace berita terbaru dari Tempo di Google Information

See also  Greenpeace Indonesia Keluhkan Isu Etis di Pertamina, Pengiriman Minyak Rusia
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.