December 7, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Soal Infrastruktur yang Dibangunnya, Jokowi: Sakit Awal, tapi 5-10 tahun Lagi Paling Manfaatnya

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan infrastruktur yang dibangunnya saat ini sangat penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain. Meski begitu, Jokowi mengakui bahwa pembangunan infrastruktur itu “menyakitkan” bagi negara.

“Meskipun mungkin awal-awal sakit, tetapi dalam jangka waktu 5-10 tahun yang akan datang akan melihat manfaat dari pembangunan yang kita lakukan pada hari ini,” kata Jokowi di Kongres XII Legiun Veteran RI di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Oktober 2022.

Jokowi menyebut beberapa infrastruktur yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing itu seperti bendungan, pelabuhan, hingga jalan. Jokowi menyebut infrastruktur tersebut merupakan hal yang basic.

“Kita bermimpi bersaing dengan negara-negara lain, sehingga mengapa jalan kita bangun, pelabuhan kita bangun, bendungan kita bangun secara masif karena memang kita ke depan ini akan bersaing dengan negara-negara lain,” kata Jokowi.

Selain membangun infrastruktur dalam negeri, Jokowi juga memutuskan untuk menyetop ekspor bahan tambang mentah ke luar negeri. Hal ini dilakukan agar pendapatan negara dapat lebih meningkat karena bahan mentah harus diolah terlebih dahulu sebelum diekspor.

Salah satu bahan mentah yang impornya dihentikan adalah nikel. Jokowi menyebut pemasukan negara dari ekspor nikel mentah sebelumnya hanya Rp15 triliun per tahun.

Namun setelah kebijakan diubah, pendapatan dari nikel yang diolah kemudian diekspor menjadi Rp360 triliun per tahun. Jokowi berharap negara dengan kekayaan alam yang melimpah, pemasukan dari bahan tambang dapat meningkat.

“Itu baru satu barang, kalau banyak yang lain misalnya tembaga, nanti begitu smelter Gersik selesai ini juga sama setop, tidak ada lagi namanya ekspor tembaga, semuanya harus dikerjakan di negara kita Indonesia,” kata Jokowi.

See also  Harta Kekayaan Rektor UI Ari Kuncoro Bertambah Rp 35 Miliar, BEM UI: dari Mana Asalnya

Baca juga: Sebut 28 Negara Antre Jadi Pasien IMF, Jokowi: Eling Lan Waspodo

M JULNIS FIRMANSYAH

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.