December 7, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Wings Gelar Investigasi Setelah Mie Sedaap Ditarik di Sejumlah Negara

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Wings Group Indonesia melakukan investigasi setelah penjualan, Mie Sedaap, ditolak di sejumlah negara. Sebelumnya, mi instan ini ditarik dari Hong Kong, Singapura, hingga Taiwan.

“Kami melakukan investigasi lebih lanjut dengan otoritas dalam negeri maupun negara yang bersangkutan,” kata Head of Company Communications & CSR Wings Group Indonesia Sheila Kansil seperti dikutip dari Antara, Selasa, 11 Oktober 2022.

Penarikan produk Mie Sedaap dilakukan karena ada indikasi penggunaan etilen oksida. Diduga, kandungan etilen oksida terdapat di bahan baku.

Ia mengatakan penyelidikan itu dilakukan demi menjaga kualitas produk Mie Sedaap dan untuk menjaga kepercayaan konsumen. Sheila menuturkan Wings Group memahami, banyak informasi yang beredar mengenai Mie Sedaap.

“Merek-merek mi instan dan kategori lainnya (sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, dan lain sebagainya) yang diproduksi oleh berbagai perusahaan yang pusat di Jepang, Korea Selatan, Cina, India dan Filipina juga mengalami kejadian ini,” katanya .

Baca juga: Setelah Hong Kong, Mie Sedaap Ditarik dari Peredaran di Singapura

Adapun ihwal penggunaan etilen oksida, Sheila menjelaskan kebijakan itu adalah hal umum di industri agrikultur. Etilen oksida digunakan sebagai zat sterilizer atau antimikroba pada rempah-rempah dan biji-bijian yang masih digunakan di Amerika Serikat, Kanada, dan berbagai negara lain.

“Namun demikian, Mie Sedaap memastikan tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Manajemen, kata Sheila, memastikan produk Mie Sedaap telah lolis izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Mie Sedaap juga memenuhi sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan serta sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

See also  Hasil Singapore Open 2022: Anthony Sinisuka Ginting Juara, Indonesia Raih 3 Gelar

Sebelumnya, tiga negara menolak untuk mengedarkan jumlah varian Mie Sedaap karena dinyatakan mengandung pestisida. Badan Pangan setempat telah mengeluarkan instruksi untuk menarik dua produk mi instan merek Mie Sedaap yang diimpor dari Indonesia.

Dilaporkan dari laman resmi BPOM RI, produk mi instan yang ditarik di Hong Kong berbeda dengan produk bermerek sama yang beredar di Indonesia. Produk yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan yang ada.

Terdapat satu produk asal Indonesia yang ditarik dari peredaran di Hong Kong, yakni Mi Instan Goreng Rasa Ayam Pedas ala Korea merek Sedaap (Sedaap Korean Spicy Rooster Flavour Fried Noodle). Produk ini mendeteksi residu pestisida etilen oksida (EtO) dan tidak sesuai dengan peraturan di Hong Kong. Residu pestisida tersebut ditemukan pada mi kering, bubuk cabe, dan bumbu dari produk mi instan.

ANTARA

Baca juga: Singapura Tarik Lagi 2 Varian Produk Mie Sedaap, Apa Saja?

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google Information, klik di sini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.